Angklung alat musik yang berasal dari Jawa Barat atau tanah Sunda. Alat musik yang terbuat dari bambu. Dan angklung itu sudah mendunia, sudah banyak masarakat dunia mengenal angklung. Angklung sangat mudah dimainkannya, hanya tinggal digoyangkan saja. Memainkanya perlu dengan banyak orang tidak dapat sendiri. Pernah loh ada kegiatan di Amerika sana memainkan angklung sebanyak 5000 orang yang dipelopori oleh Saung Ujo. Asal usul angklung belum diketahui dengan pasti kapan angklung sudah digunakan tapi baru pada muncul saat kerajaan Sunda pada abad 12-14. Dimana angklung yang terbuat dari bambu erat hubungannya dengan kehidupan masarakat yang berhubungan dengan padi. Sehingga banyak angklung digunakan untuk ritual sebelum menanam padi.

Bahan yang digunakan untuk angklung adalah bambu. Jenis bambu yang digunakan adalah bambu hitam /awi wulung dan bambu putih/awi temen. Bunyi yang dihasilkan berasal dari tabung dari bambu yang punya ukuran berbeda dari kecil sampai besar. Dulu jaman kerajaan Sunda angklung ini digunakan untuk penyemangat saat pertempuran.Sehingga pada masa penjajahan Belanda sempat dilarang dan hanya dimainkan oleh anak-anak. Juga saat penanaman padi diiringi dengan bilah-bilah bambu yang dibunyikan yang kelak menjadi angklung. Akhrinya angklung sekarang digunakan untuk pertunjukan seni musik.  Alat musik ini mulai dikenal karena jasa bapak Daeg Sutigna yang dikenal juga dengan sebutan bapak angklung. Malah beliau menyebutkan angklung juga bisa digunakan sebagai alat pendidikan dengan alasan.

Murah. Harga angklung dibandingkan dengan instrument alat musik lainnya bisa dibilang murah

Mudah . sangat mudah memainkannya hanya tinggal menggoyangkan saja, beda dengan alat musik yang lain yang perlu belajar lama untuk bisa memainkannya.

Masal. Akibatnya bisa dimainkan banyak orang dan semua bisa berpartisipasi.

Mendidik . Karena saat bermain angklung diperlukan kerjasama, tanggung jawab dan disiplin.

Menarik . Angklung ini menarik karena bunyi yang dikeluarkannya khas dan bikin hati adem.

Hal ini yang menyebabkan aku membeli angklung untuk bisa diajarkan kepada anak asuhku di Komunitas Circle of Hapinnes. Aku ingin mereka bisa memainkan angklung dan mendapat banyak manfaat dari bermain angklung. Memang benar mereka baru pertama kali melihat angklung dalam wujud aslinya dan baru pertama kali belajar angklung. Sehingga mereka begitu gembira dan suka banget dengan alat musik ini. Walau banyak yang masih salah cara menggoyangkanya, tapi tak mengapa karena beberapa lagu sudah bisa mereka mainkan. Dan wajah gembira selalu terpancar dari wajah mereka, dari antusias sampai rasa penasaran.  Makna memainkan angklung kalau kita main sendiri itu tak akan menjadikan musik  yang asyik tapi bila dimainkan bersama akan menghasilkan musik yang enak didengar sehingga angklung mengajarkan kita makna kebersamaan, kerja sama, tidak egois sehingga menghasilkan keserasian dalam nada sehingga menjadi permainan angklung yang harmonis dan indah. Begitu juga hidup manusia tidak bisa sendiri harus  bisa berkelompok untuk mencapai suatu tujuan akhir kita.

Angklung memang banyak manfaat bagi anak-anak untuk belajar kerjasama, disiplin , tanggung jawab dan mengajarkan juga untuk mencintai budaya sendiri. Angklung sudah mendunia dan patut kita sebagai anak negeri untuk bisa mempelajari angklung agar tertanam rasa cinta tanah air Indoneisa. Nah, inilah yang aku ingin ajarkan pada anak-anak, selain bisa memainkan dan mengambil manfaat dari main angklung juga agar rasa cinta tanah air bisa terpatri di dada mereka. Sejak dini diajarkan cinta tanah air lewat alat musik tradisional dan anak-anak bangga menjadi anak Indonesia.

Sumber: Kompasiana